Melakukan Perbaikan pada Fan

Fan atau kipas angin merupakan peripheral yang berperan sangat penting dalam kinerja komputer. Karena sangat berpengaruh pada sirkulasi udara pada komputer.
Masalah yang timbul pada fan dapat mengakibatkan komputer akan cepat panas, sering reboot dengan sendirinya dikarenakan fan mati. Masalah lainnya adalah fan yang berisik, suaranya mengganggu konsentrasi terhadap pekerjaan.

MASALAH PADA FAN DAN SOLUSINYA :

Fan pendingin mati

Solusinya :Buka cassing komputer dan periksalah apakah kabel power sudah terpasang dengan baik. Bersihkan kotoran yang ada didalamnya, kemudian lepas penutup poros fan serta diberi sedikit pelumas supaya gerakan fan tidak ada hambatan. Jika semua power sudah benar dan fan sudah bersih tetapi masih tetap mati kemungkinan fan rusak.

Bunyi Fan yang berisik

Solusinya : Buka cassing CPU pada keadaan komputer hidup, periksalah mungkin ada kabel yang menyangkut pada fan, jika ada kabel yang menyangkut pada fan, rapikan kabel agar tidak mengenai fan.

MERAWAT FAN :

a. Memakai PSU yang asli. Karena jika menggunakan PSU abal-abal, walaupun hanya 2 jam, maka dapat menimbulkan efek jangka panjang pada komponen-komponen komputer termasuk Fan.

b. Fan yang putarannya lebih lambat, dapat diakibatkan oleh debu yang menempel, hal ini dapat memakan usia Fan karena Fan akan bekerja lebih berat daripada saat kondisi normal.

INGAT!
Bila debu terus menempel berkepanjangan atau tidak dibersihkan dapat mengakibatkan Fan rusak.

c. Tidak menyentuh blade saat berputar. Karena dapat berakibat retaknya blade. Blade yang retak atau mulai patah tidak bisa diperbaiki.

Tinggalkan komentar